SMKN 1 Pati

PENTINGNYA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMK

Oleh: Candra Dewi Nugraheni, S.Pd

Seni berasal dari hasil budidaya atau cipta, rasa, karsa manusia, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seni juga merupakan hasil ekspresi manusia yang diwujudkan dalam bentuk karya kreatif untuk memberikan kesan Estetik (harmonisasi) dan Artistik (Daya tarik). Berdasarkan Wikipedia, Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.[1] Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keprigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.[2][3] Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni.

Seiring perkembangan waktu, seni secara karakteristik terbagi menjadi dua, yaitu seni murni (pure art), yang diciptakan untuk seni itu sendiri yakni untuk mengejar bentuk keindahan semata. Seni murni itu lebih bersifat ekspresif; seni terap (applied art), diciptakan untuk kegunaan dan kebutuhan hidup. Mengacu terhadap benda yang digunakan manusia sehari-hari.

Seni dapat dikategorikan ke dalam 4 unsur, yaitu seni tari, seni musik, seni rupa dan seni teater. Sesuai dengan buku paket seni budaya SMK terdapat 4 unsur ini. Seni tari adalah gerak badan secara berirama yang dilakukan ditempat serta waktu tertentu buat keperluan pergaulan, mengungkap perasaan, maksud, serta pikiran. Bunyi-bunyian yang dimaksud musik pengiring tari mengatur gerakan penari serta menguatkan maksud yang mau di sampaikan. Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan. Seni Rupa menurut Drs. Sudarmaji adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang. Seni Teater merupakan sebuah pertunjukan drama  yang dipentaskan diatas panggung.

Pendidikan Seni Budaya memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spesial, musikal, lingustik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan keceradasan emosional. Pendidikan Seni Budaya tidak hanya memberikan pembelajaran yang bermakna untuk peserta didik tetapi juga pembentukan karakter anak.

Dalam mata pelajaran Seni Budaya di SMK Negeri 1 Pati terdapat dua macam seni yang diajarkan, yaitu seni musik dan seni tari. Tujuan pendidikan seni budaya di SMK Negeri 1 Pati adalah untuk mengembangkan kepekaan rasa; kreativitas; cita rasa estetis; etika; kesadaran sosial; kesadaran kultural; rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia.

Peserta didik harus merasa bahwa dari kegiatan-kegiatan seni di sekolah ada hasil nyata yang diperoleh serta rincian peningkatan atau kemajuan yang peserta didik capai, dari tidak tahu menjadi tahu. Tentunya mata pelajaran Seni Budaya memiliki peran yang penting; Memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya (ekspresi bebas); Melatih imajinasi para peserta didik; Memberikan pengalaman estetik; Pembinaan sensitivitas serta rasa; Mampu memberikan pembinaan ketrampilan; Mengembangkan kemampuan intelektual, imajinatif, ekspresi, kepekaan kreatif, keterampilan; Peserta didik memiliki pengetahuan, pengalaman dan kemauan keras berkarya dan berolah seni, serta kepekaan artistik sebagai dasar berekspresi pada budaya bangsa. Peran penting seni dalam konteks kurikulum pendidikan; Seni sebagai bahasa visual; Seni membantu pertumbuhan mental; Seni membantu belajar bidang lain. Pendidikan Seni Budaya meningkatkan kemampuan kreatif peserta didik SMK Negeri 1 Pati untuk  menghasilkan  gagasan, melengkapi dan mengkombinasikan  melakukan  inovasi dan mengimajinasikan hal unik dan baru.    




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *