SMKN 1 Pati

GEBYAR KREATIVITAS SISWA DALAM RANGKA HUT SMK NEGERI 1 PATI KE-56

Oleh: Candra Dewi Nugraheni, S.Pd

SMK Negeri 1 Pati yang telah berdiri pada 1 Januari 1966 oleh Panitia dengan nama SMEA Persiapan yang terletak di Jl. Setyabudi (Pecinan) bekas yayasan Chung Hua Kang Siok.  Pada tahun 2023 SMK Negeri 1 Pati mengadakan HUT ke-56. Tema yang diusung pada ulang tahun sekolah kali ini adalah GRAVITASI (Gebyar Kreativitas Siswa)

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada HUT SMKN 1 Pati:

  1. Jalan Santai, Bazar dan Donor Darah

Kegiatan pada hari pertama Senin, 16 Januari 2023 adalah jalan santai. Jalan santai dimulai pada pukul 07.00 WIB dan dibuka oleh pengawas SMK Negeri 1 Pati bapak Yulis Arif Wicaksono, S.Pd., S.Ag., M.Pd . Sekitar 1200 peserta mengikuti jalan sehat, terdiri dari siswa siswi , bapak ibu guru dan karyawan serta jajaran komite SMK Negeri 1 Pati.

Setelah jalan santai, pukul 09.30 WIB dilanjutkan dengan bazar. Bazar dibuka oleh bapak kepala cabang dinas pendidikan wilayah III yaitu bapak Drs. Sugiyanto, M.Pd.

SMK Negeri 1 Pati merupakan Sekolah Menengah Kejuruan dalam bidang studi Keahlian Bisnis dan Manajemen, Pariwisata dan Teknik sehingga dalam kegiatan ulang tahun sekolah mengadakan bazar. Bazar  ini melatih siswa siswi yang berkompeten serta memiliki jiwa mandiri dan berwirausaha yang tinggi. Bazar dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 16 – 18 Januari 2023 di lapangan basket SMK Negeri 1 Pati. Dalam kegiatan bazar ada barang-barang yang dijual dengan harga murah yaitu minyak goreng, beras, gula dan barang-barang yang lainnya. Selain siswa siswi yang mengelola, bazar juga melibatkan UMKM yang ada disekitar Pati sehingga kegiatan bazar dapat terlaksana dengan meriah.

Selain kegiatan jalan santai dan bazar, di hari pertama dilanjutkan dengan kegiatan donor darah yang diikuti oleh warga sekolah meliputi siswa siswi, bapak ibu guru dan karyawan serta masyarakat sekitar sekolah.

  • Lomba antar kelas

Lomba yang diadakan dalam HUT SMK N 1 Pati adalah lomba tumpeng antar kelas yang diikuti 36 kelas. Lomba ini diadakan sebagai rasa ucapan syukur karena sekolah sudah berdiri selama 56 tahun.

  • Pentas Seni dan Ceremonial Hari Ulang Tahun SMK Negeri 1 Pati ke-56

Pentas seni dan ceremonial HUT diadakan pada hari Kamis, 19 Januari 2023. Pra acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dibuka dengan band siswa dan dilanjutkan dengan drama musikal dan dance. Acara inti dimulai pada pukul 08.15 – 11.00 WIB  

Susunan acara:

  1. Tari Gambyong
  2. Pembukaan

Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMK Negeri 1 Pati

  • Doa
  • Sambutan ketua panitia
  • Sambutan komite sekolah
  • Paduan Suara
  • Sambutan Kepala Sekolah
  • Pemotongan tumpeng dan pelepasan balon
  • Musikalisasi puisi kelas XI
  • Band bapak / ibu guru SMK Negeri 1 Pati
  • Drama musikal kelas X
  • Tari tradisi “ Edan-edanan”

Pada puncak acara pemotongan tumpeng oleh bapak kepala sekolah Drs. Wartono diserahkan kepada ketua panitia bapak Nur Wahyudi S.Pd. Tumpeng sebagai tanda bahwa mengharap keselamatan dan ucapan syukur. Setelah pemotongan tumpeng dilajutkan pelepasan balon yang mengandung makna harapan tinggi, SMK Negeri 1 Pati menjadi sekolah yang lebih baik dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

Berbagai kegiatan dilaksanakan sebagai wadah kepada siswa siswi untuk berekspresi serta menumbuhkan minat dan bakatnya. Pelaksanaan kegiatan HUT SMK Negeri 1 Pati berlangsung dengan meriah, lancar dan tertib.

“ Selamat Ulang Tahun SMK Negeri 1 Pati, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan rahmad-Nya dan SMK Negeri 1 Pati semakin jayaaa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *