SMKN 1 Pati

JUMAT FUN SMK NEGERI 1 PATI

Wahana Ekspresi dan Kreativitas Diri

Memulai Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022 ini, SMK Negeri 1 Pati melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pati tentang  Penugasan Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bimbingan Konseling, dan Tugas Lain-Lain Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/ 2023 yang di dalamnya termaktub jadwal hari Jumat. Bukan tanpa alasan, hari Jumat dijadwalkan selain kegiatan belajar mengajar, juga diadakan kegiatan literasi dan Jumat Fun. Pengaturan jadwal seperti disebutkan di atas sebagai upaya menggungah kembali semangat belajar, berekspresi, dan berkreasi peserta didik. Dalam kondisi sebelumnya, tidak dipungkiri bahwa pandemic Covid-19 sedikit banyak memberikan tatasan, terutama untuk kegiatan luar ruangan.

Jumat minggu kedua setiap bulan, dilaksanakan kegiatan Jumat Fun. Dalam kegiatan tersebut, peserta didik dalam rombongan belajarnya bebas membuat konsep dan berkreasi. Bulan September lalu, kompetensi keahlian Usaha Perjalanan Wisata menampilkan kreasi tari dan prosesi Manten. Pada bulan Oktober ini misalnya, peserta didik dari kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga menampilkan berbagai aksi misalnya drama pendek bertema Anti Bullying, peragaan busana adat dan busana daur ulang, penampilan menyanyi, dan lain sebagainya.

Tujuan kegiatan ini, selain memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkespresi dan berkreatifitas, mengarahkan peserta didik untuk tanggap dengan perkembangan zaman. Peserta tidak hanya mengedepankan kebasannya, namun juga mengolah berbagai masalah sosial dan kearifan lokal yang direpresentasikan melalui berbagai bentuk pementasan. Kegiatan ini disambut hangat oleh warga SMK Negeri 1 Pati, selain menghadirkan hiburan, memberikan kesempatan menunjukkan bakat, minat, ekspresi, dan kreativitas, juga menjadi wahana untuk mengintegrasikan profil pelajar Pancasila, khususnya kreatif, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *