SMKN 1 Pati

KEMAH BHAKTI 2022, AMBALAN TARUNA NIAGA

Pascapandemi yang membuat tatanan hidup dan proses kegiatan belajar berubah, tak terlepas juga kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan luar ruangan. SMK Negeri 1 Pati telah menyelenggarakan kegiatan Kemah Bhakti yang diadakan tanggal 26 hingga 28 Oktober 2022. Kegiatan kemah ini menjadi salah satu program implementasi kegiatan pramuka.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Kemah Bhakti Ambalan Taruna Niaga SMK Negeri 1 Pati dilaksanakan di Bumi Perkemahan Regaloh, Tlogowungu, Kabupaten Pati. Konsep kegiatan luar ruangan dengan menerapkan ilmu-ilmu kepramukaan, dengan tetap memprioritaskan protokol kesehatan. Sebuah kebanggan bagi SMK Negeri 1 Pati karena menjadi pionir utama dan pertama sekolah negeri yang melaksanakan kegiatan kemah di wilayah Kabupaten Pati mengingat bahwa kegiatan perkemahan dan kepramukaan tidak dilaksanakan sejak adanya Pandemi Covid-19.

Menurut Kakak Pembina Pramuka Ambalan Taruna Niaga, Kak Huda, Kak Ridodio, Kak Nila, dan Kak Atin, kegiatan kemah ini selain sebagai wadah untuk membentuk karakter siswa yang lebih mandiri, juga menghantarkan anak pada Profil Pelajar Pancasila. Selanjutnya, menurut ketua panitia pelaksanaan Kemah Bhakti 2022, Abid Kakarendra yang merupakan T3 Ambalan Taruna Niaga, rangkaian kegiatann meliputi upacara pembukaan, giat pribadi, senam sehat, pentas kreasi, api unggun, adventure, game, lomba cerdas tangkas, dan upacara penutupan. Sejalan dengan hal tersebut, menurut Pelatih Pramuka Ambalan Taruna Niaga, Kak Agung dan Kak Yayan, untuk menghilangkan image dan mindset bahwa pramuka adalah kegiatan yang melelahkan. perlu mengemas kegiatan dengan menarik dan menyenangkan agar lebih mudah dalam menanamkan nilai-nilai kepramukaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *