SMKN 1 Pati

Keberkahan di dalam Shalat Subuh

Oleh: Lina Puspitasari

Shalat Subuh merupakan salah satu dari shalat lima waktu yang hukumnya fardhu ‘ain (wajib dilakukan bagi setiap muslim).

Didalam shalat subuh terdapat banyak sekali keberkahan dan kebaikan jikalau kita melakukan ibadah tersebut pada waktunya.

Salat yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat ini memiliki banyak keutamaan. Apalagi, jika ditunaikan secara berjamaah.

Hal ini karena salat subuh merupakan waktu salat yang paling sulit ditunaikan. Banyak umat Islam yang justru lebih memilih tidur hingga terbit fajar, padahal salat Subuh hukumnya wajib untuk dilaksanakan.

Dalam sebuah hadits dijelaskan, dari Buraidah al-Aslami, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan ke masjid dalam keadaan gelap bahwasanya kelak ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari Kiamat,” (HR Abu Dawud dan at-Tarmidzi).

Terdapat beberapa keutamaan dan keistimewaan bagi kaum muslimin yang selalu melaksanakan ibadah shalat subuh berjamaah diantanya:

  1. Kaum muslim yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan mendapatkan cahaya di hari kiamat.

Pasalnya umat Islam telah melewati gelapnya berjalan diwaktu subuh dalam perjuangan perjalanan menuju rumah Allah untuk melaksanakan salat berjamaah. Dalam hadis disebutkan bahwa dari Buraidah al- salami radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“sampaikanlah berita gembira kepada orang- orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat”. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

  • Orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid akan terjaga dalam jaminan dan lindungan Allah sampai malam hari.

Jadi, menurut Ustadz Ali Jaber, orang yang melaksanakan sholat subuh berjamaah, dia tidak pernah memikirkan masalah. Ia terjamin dalam lindungan Allah SWT.

  • Kemenangan dengan melihat Allah SWT saat Hari kiamat kelak

Keutamaan sholat subuh berjamaah yang lainnya adalah mendapatkan kemenangan dengan melihat Allah SWT ketika Hari Kiamat kelak.

Tentunya hal ini merupakan ganjaran atau pahala terbesar yang dikaruniakan Allah SWT kepada hamba-Nya.

Dari Jarir Bin Abdullah Al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata,

“Kami pernah duduk bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini.

Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan salat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!’” (HR. Bukhari-Muslim)

Itulah beberapa keutamaan salat subuh yang sangat luar biasa. Mari pelihara ibadah sholat wajib kita agar terhindar dari dosa.

Semoga bermanfaat yaa ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *