SMKN 1 Pati

MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK  MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK NEGERI 1 PATI

Penulis: Maunia Lestari, S.Pd.

Berdasarkan Permendikbudristek, No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.

Dimensi-dimensi Profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya focus pada kemampuan kognitif tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus dunia. Dimensi-dimensi pada Profil Pelajar Pancasila diantaranya:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  2. Berkebinekaan global.
  3. Bergotong-royong.
  4. Mandiri.
  5. Bernalar kritis.
  6. Kreatif.

Kemendikbudristek menentukan tema untuk setiap projek profil yang diimplementasikan di satuan pendidikan. Dimulai pada tahun ajaran 2021/2022, terdapat empat tema untuk jenjang PAUD dan delapan tema untuk SD-SMK dan sederajat yang dikembangkan berdasarkan isu prioritas dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035, Sustainable Development Goals, dan dokumen lain yang relevan. Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Kearifan Lokal
  3. Bhinneka Tunggal Ika
  4. Bangunlah Jiwa dan Raganya
  5. Suara Demokrasi
  6. Rekayasa dan Teknologi
  7. Kewirausahaan
  8. Kebekerjaan

SMK Negeri 1 Pati melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan melaksanakan 3 tema pada tiap jenjang kelas. Pada Tahun Ajaran 2022/2023 SMK Negeri 1 Pati melaksanakan tema Kearifan Lokal, Bangunlah Jiwa dan Raganya, dan Kebekerjaan. Pelaksanaan tema pada semester Gasal 2022/2023 ini adalah Kearifan Lokal dengan mengusung projek Menyusuri Budaya Lokal Daerah, sedangkan untuk tema Bangunlah Jiwa dan Raganya mengusung projek Game Education Outbound. Sementara itu, untuk tema Kebekerjaan akan diberikan pada semester Genap di Tahun Ajaran 2022/2023.

Tema Kearifan Lokal yang mengusung projek Menyusuri Budaya Lokal Daerah mengajak peserta didik untuk mengunjungi atau napak tilas budaya yang ada di kota Pati. Peserta didik menghasilkan karya berupa buku cerita, poster dan juga video yang diperoleh peserta didik ketika melakukan napak tilas budaya di lokasi yang sudah ditentukan oleh koordinator. Tema Bangunlah Jiwa dan raganya dilaksanakan dengan mengajak peserta didik untuk membuat game education outbound. Hasil karya berupa video dan akan ditampilkan pada gelar karya.

Pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila ini diharapakan mampu membuat peserta didik memiliki karakter sesuai dengan dimensi Pancasila. Melalui Projek tema yang dilaksanakan karakter peserta didik mulai dari bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif diharapkan mampu meningkat. Selain itu Profil Pelajar Pancasila memberikan warna tersendiri dalam melaksanakan pembelajaran yang merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *