SMKN 1 Pati

Mengenal Jobprofile di Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi melalui LinkedIn

Penulis: Henny Listiana, S.Pd.

Kurikulum merupakan โ€œruhโ€ pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif, dinamis, dan berkala sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEKS, kompetensi yang diperlukan masyarakat dan pengguna lulusan.

Pada struktur Kurikulum Merdeka terbagi menjadi Pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran intrakuler di SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu kelompok mata pelajaran umum dan kejuruan. Kelompok mata pelajaran Kejuruan berfungsi membentuk peserta didik agar memiliki kompetensi sesuai perkembangan dunia kerja, serta ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Di kelas X, Mata Pelajaran Kejuruan berpusat pada pelajaran dasar-dasar Program Keahlian.

Mata pelajaran Dasar Program Keahlian bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan. Salah satunya pada elemen Profesi dan Kewirausahaan (jobprofile dan technopreneur) di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi dengan capaian pada akhir fase E, peserta didik mampu memahami jenis-jenis profesi kewirausahaan (job profile dan technopreneurship, personal branding serta peluang usaha di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada era modern ini, menciptakan banyak profesi dan peluang usaha di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Jenis profesi di bidang teknologi informasi sangatlah beragam, hal ini dikarenakan bidang teknologi informasi selalu berkembang seiring dengan perkembangan zaman, semakin berkembang dunia teknologi informasi maka semakin beragam pula profesi di bidang teknologi informasi. Bisa dikatakan bahwa profesi berkembang menyesuaikan dengan skala bisnis dan kebutuhan pasar.

Gambar seorang Network Engineer

Pekerjaan di bidang IT diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu seiring dengan upaya pemerintah untuk fokus pada transformasi digital dalam menuju era Industri 4.0. Banyak profesi yang bermunculan seiring dengan banyaknya kebutuhan di bidang IT, jenis job profile di bidang IT diantaranya:

  1. Software Developer

Software developer adalah salah satu rekomendasi pekerjaan di bidang IT. Hampir semua perusahaan dan bisnis saat ini menggunakan software (perangkat lunak) untuk menunjang kegiatan bisnisnya.

  • Web Developer

Sesorang yang bertanggung jawab dalam Merancang, mendesain, mengembangkan dan memodifikasi situs web

  • Network Engineer

Memiliki jobdesk untuk mengurusi jaringan komputer serta internet dengan mendesain dan membangun infrastruktur pada suatu gedung, organisasi dan perusahaan agar bisa berjalan dengan baik tanpa kendala.

  • Data Scientiest

Seseorang yang bertugas mengumpulkan, mengolah dan melakukan analisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan suatu keputusan.

  • Start-Up 

Sebuah usaha yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan core business-nya

Dewasa ini, informasi mengenai lowongan pekerjaan sudah banyak tersedia secara online melalui berbagai situs salah satunya yaitu LinkedIn. LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang dapat menjadi pilihan untuk menemukan lowongan pekerjaan. Situs ini termasuk dalam situs lowongan kerja terpercaya dan paling banyak diakses oleh calon pekerja Indonesia. Dalam situs tersebut, tersedia informasi dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan dalam suatu profesi, termasuk informasi gaji yang ditawarkan.

Seperti media sosial lainnya, LinkedIn juga harus dimaksimalkan penggunannya, supaya bisa berpotensi membantu para profesional untuk menjalin koneksi dengan kolega, dan juga mendapatkan pekerjaan. Berikut ini beberapa cara yang bias digunakan peserta didik untuk mulai menggunakan akun social media LinkedIn:

  1. Membuat akun / profil di LinkedIn
  • Klik ikon ‘Jobs’ di bagian atas halaman utama LinkedIn
  • Klik kolom ‘Search jobs’ dan masukkan kata kunci job profile yang ingin dicari
  • Masukkan lokasi pekerjaan yang diinginkan di kolom
  • Opsi filter di bagian atas halaman hasil pencarian diguanakan untuk memfilter hasil sesuai dengan preferensi yang diinginkan

Dengan adanya jejaring sosial LinkedIn diharapkan peserta didik mampu memiliki gambaran mengenai jobprofile yang ada di bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. Peserta didik mampu menemukan tempat magang dan pekerjaan yang tepat setelah lulus, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional dan mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam karir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *