SMKN 1 Pati

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Penulis: Lina Puspitasari

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu dirindukan oleh seluruh umat muslim di dunia baik laki maupun perempuan, tua muda lebih- lebih para kaum anak- anak.  Mengapa demikian ???
Karena bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan penuh dengan ampunan, dan bulan yang dimana ketika kita melakukan kebaikan pasti akan dilipat gandakan oleh Allah dalam kaitan pahalanya.  Terlepas dari hal tersebut bagi para anak- anak sangat bahagia sekali dalam mempersiapkan hadirnya kembali bulan penuh berkah tersebut karena mereka akan sering berkumpul dengan para temen- temannya dimasjid untuk melakukan ritual bulan Ramadhan seperti shalat tarawih, tadarus Al Qur’an, kajian tentang pendalaman agama dan kegiatan lain yang hanya bisa ditemui di bulan yang penuh kemuliaan tersebut.

Bulan suci Ramadhan memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar diantara bulan- bulan yang lain. Semua amal sholeh yang dilakukan pada bulan ini akan mendapat balasan lebih banyak dan lebih baik. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal kebajikan dan meninggalkan kemaksiatan. “Jika awal Ramadhan tiba, maka setan- setan dan jin dibelenggu, pintu- pitu neraka ditutup, dan tidak ada satupun pintu neraka yang dibuka. Sedangkan pintu- pintu surge dibuka dengan sangat lebar, dan tidak ada satu pintu pun yang ditutup.

Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim No. 860) Dari penjelasan hadist diatas sudah sangat jelas bahwa begitu sangat istimewanya bulan suci Ramadhan. Adapun keutamaan bulan suci Ramadhan diantaranya :

  1. Bulan yang penuh berkah

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah.

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ   

Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah (HR. Ahmad ). Barakah artinya ziyadatul khair, bertambahnya kebaikan. Di bulan Ramadhan banyak kebaikan yang bertambah, banyak kebaikan yang meningkat.     

Sedangkan meningkatnya ibadah, puasa Ramadhan, shalat tarawih, semakin banyak tilawah dan sedekah adalah bagian dari keberkahan Ramadhan yang lebih besar lagi

  • Puasa di bulan Ramadhan

Salah satu keutamaan Ramadhan, di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa. Sehingga Ramadhan juga disebut sebagai syahrush shiyam. Puasa menjadikan Ramadhan istimewa karena ia adalah rukun Islam yang tidak ada di bulan-bulan lainnya.

hadits di atas berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa” (QS. Al Baqarah: 183)

  • Terbukanya pintu surga

Pada bulan ramadhan, pintu- pintu surga dibuka. Sebagaimana sabda Rasulullah Sallahualaihi wasallam

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ

  • Tertutupnya pintu neraka

Pada bulan Ramadhan selain terbukanya pintu surge, juga ada keistimewaan yakni tertutupnya pintu- pintu neraka.

  • Lailatul Qadar

Keistimewaan bulan Ramadhan yang amat sangat ditunggu kaum muslim juga yakni malam yang nilainya lebih banyak dari pada seribu bulan. Lailatul Qadar hanya ada di salah satu malam di bulan Ramadhan, dan tidak akan pernah dijumpai pada bulan- bulan lainnya.

  • Mustajabnya doa

Berbeda dengan bulan lainnya, pada bulan Ramadhan banyak waktu mustajabah untuk berdo’a. diantaranya adalah waktu menjelang berbuka. Bahkan sepanjang waktu puasa Ramadhan mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari adalah waktu yang mustajabah untuk berdo’a.

Demikian beberapa keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan. Semoga kita semua termasuk golongan kaum muslimin yang selalu bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita setiap saat terutama dibulan yang penuh dengan kemuliaan yaitu bulan Ramadhan.

Semoga bermanfaat …..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *