SMKN 1 Pati

Fungsi Al Quran Sebagai Sumber Ilmu

Penulis : Annis Nurul Hidayati, S.Pd.I

 Al Quran adalah kitab suci terakhir yang diturunkan Allah kepada manusia. Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad (SAW) melalui malaikat Jibril. Fungsi Al Quran ada beberapa macam mulai dari fungsi Al Quran dalam agama Islam, fungsi Al Quran bagi kehidupan manusia, dan fungsi Al Quran sebagai sumber ilmu. Al Quran mencakup setiap aspek kehidupan yang perlu diketahui seseorang. Hal yang terbaik dari semua pendidikan di dunia ini adalah Al Quran dan memperolehnya adalah wajib bagi setiap Muslim.

Agama Islam memberi arti penting bagi pembelajaran AlQuran karena itu adalah kode perilaku yang lengkap. Islam sangat mementingkan pengetahuan, pembelajaran dan pendidikan. Ketika Al Quran diturunkan, kata pertamanya adalah “Iqra”, yang artinya membaca.

Fungsi Al Quran Sebagai Sumber Ilmu

1. Ilmu tauhid

Ilmu tauhid merupakan ilmu kalam dalam Islam yang membahas pengokohan keyakinan dalam agama Islam sehingga dapat memperkuat dan menghilangkan keraguan.

2. Ilmu hukum

Di dalam Al Quran juga terdapat ilmu hukum yang dibahas. Contohnya saja terdapat hukum pernikahan, warisan, zakat, dan lain sebagainya.

3. Ilmu tasawuf

Ilmu tasawuf adalah ilmu cara untuk mensucikan jiwa, menjernihkan akhlak dan batin.

Itulah beberapa fungsi Al Quran yang perlu kamu ketahui. Al Quran adalah kitab bagi orang Islam, yang didalamnya berisi berbagai penjelasan mengenai hukum dan tatacara yang Islam ajarkan untuk menjalani kehidupan di dunia.

4. Ilmu filsafat Islam

Filsafat Islam adalah hubungan ilmu kalam dengan filsafat yang dikembangkan oleh cendekiawan muslim. Jika dalam ilmu filsafat lain kadang masih mencari-cari tentang kehadiran tuhan namun di filsafat Islam sudah meyakini tentang keesaan Tuhan yaitu Allah SWT.

5. Ilmu sejarah Islam

Al Quran juga mengandung banyak ilmu sejarah dari masa terbentuknya manusia hingga perjuangan Nabi Muhammad SAW.

6. Ilmu pendidikan Islam

Al Quran menjadi salah satu sumber utama untuk mempelajari Islam. Di dalam Al Quran juga sering disebutkan ilmu pengetahuan lainnya seperti ilmu biologi atau astronomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *