SMKN 1 Pati

Peran Pajak sebagai Fondasi Kuat dalam Membangun

Sektor Pendidikan dan Kesehatan

Oleh : Cinta Juhaira Ghaitsa, Kelas XI AK 4

Pajak adalah pembayaran wajib yang dikenakan oleh pemerintah kepada warga negara dan perusahaan untuk mendanai pengeluaran publik. Di Indonesia, pajak memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Menurut laman resmi KabarPendidikan.id, di Indonesia sekitar 80% sumber pendapatan negara berasal dari pajak dan pendapatan tersebut akan dialokasikan untuk membiayai pelaksanaan pembangunan nasional. Pembangunan nasional di Indonesia terdiri dari berbagai sektor, seperti pendidikan dan kesehatan.

Tahukah kalian apa manfaat pajak dalam sektor pendidikan dan kesehatan?

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang dialokasikan dana cukup besar oleh pajak, yaitu melalui pemberian subsidi kepada sekolah-sekolah.Tanpa pendidikan yang memadai, mustahil bagi suatu negara untuk bersaing di kancah global. Dana yang dikumpulkan dari pajak digunakan untuk membiayai berbagai program pendidikan, seperti PIP (Program Indonesia Pintar), PPG (Pendidikan Profesi Guru) dan BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Dana PIP yang berasal dari pajak ini membantu jutaan anak Indonesia dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Tidak hanya itu, tunjangan profesi yang berasal dari pajak juga berperan dalam meningkatkan kualitas guru. Program-program seperti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dibiayai dari tunjangan profesi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru agar memiliki kemampuan sesuai standar pendidikan yang diharapkan. Dengan guru yang berkualitas, proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Sedangkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), adalah program pemerintah yang pada dasarnya penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Tujuan Bantuan Operasional Sekolah secara umum adalah untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 12 tahun.

Selain peran pajak di sektor pendidikan, pajak juga memiliki peran penting di sektor kesehatan. Dari dana pajak, pemerintah dapat menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Salah satu program unggulan di sektor kesehatan adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang status ekonomi yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Sebelum dikenal dengan sebutan BPJS Kesehatan, dahulu memiliki sebutan Jamsostek (Jaminan Sosial Ketenagakerjaan). Jamsostek merupakan upaya pemerintah untuk menjamin bagaimana kesejahteraan masyarakat bisa terjamin di semua bidang pekerjaan. Dengan adanya dana dari pajak, pemerintah dapat mensubsidi biaya perawatan kesehatan, sehingga meringankan beban finansial masyarakat. Selain itu, pajak digunakan untuk pengadaan obat-obatan, alat kesehatan, serta pembangunan dan pemeliharaan fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.

Pada masa pandemi COVID-19 tahun lalu, peran pajak menjadi semakin vital. Untuk membiayai program vaksinasi massal, penyediaan alat pelindung diri (APD), serta penanganan pasien COVID-19. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kontribusi pajak dalam menjaga kesehatan masyarakat. Pajak bukan hanya kewajiban yang harus dipenuhi, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan yang akan memberikan manfaat berkelanjutan bagi seluruh masyarakat.

Pajak juga dapat digunakan sebagai instrumen kebijakan untuk mengurangi diskriminan antara daerah perkotaan dan pedesaan dalam hal akses terhadap pendidikan dan kesehatan. Melalui kebijakan redistribusi pajak yang tepat, pemerintah dapat memastikan bahwa masyarakat di daerah terpencil atau kurang berkembang juga mendapatkan manfaat yang sama dalam hal pendidikan dan kesehatan seperti masyarakat di daerah perkotaan.

Dengan pendidikan yang baik, tingkat pengetahuan dan keterampilan masyarakat meningkat, sehingga produktivitas kerja juga ikut naik. Demikian pula dengan kesehatan yang memadai, masyarakat bisa bekerja dengan lebih produktif dan mengurangi biaya pengobatan yang sering kali memberatkan.

Penting bagi kita sebagai warga negara untuk memahami pentingnya membayar pajak dan mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan penggunaan dana pajak demi kesejahteraan bersama. Dengan begitu, kita turut berkontribusi dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera. Masyarakat juga dapat berkontribusi dengan membayar pajak secara jujur dan tepat waktu. Semakin banyak masyarakat yang taat pajak, semakin besar pula sumber daya yang dapat dialokasikan untuk meningkatkan  pendidikan dan kesehatan. Dengan adanya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, ini menjadi sedikit persiapan yang berpengaruh pada keberlangsungan cita-cita negara yaitu “Indonesia Emas 2045”.

Sebagai kesimpulan, pajak memainkan peran yang sangat penting dalam pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan di Indonesia. Melalui pajak, pemerintah dapat menyediakan layanan pendidikan dan kesehatan yang lebih baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik, kita harus mendukung sistem perpajakan yang adil dan transparan, serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa melalui pembayaran pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *